Rabu, 14 November 2012

Tips n trik

Tips pempek menurut saya

-Gunakan ikan yang segar, campur dulu ikan dengan air  baru  setelah kita masukkan garam (sebaiknya garam dan kaldu dan gula di larutkan dengan sedikit aer)
dengan begitu kita bisa mengontrol air yang kita gunakan
sebaiknya air tidak melebihi takaran daging karena akan mengakibatkan adonan semakin encer dan 
kita mesti menggunakan tepung tapioka atau sagu semakin banyak dan dapat dipastikan hasil
pempek akan semakin keras...walau lebih mudah di bentuk

- haluskan daging ikan...bagi yang punya food proccesor dan tidak mempunyai paste ikan
  bisa kita langsung masukkan ke dalam FP dagingnya haluskan setelah halus masukkan saja 
  air sesuai takaran yang di kehendaki...lalu larutan garam....kelihatan deh paste ikan itu mengental
  mau langsung di tambahkan sagu? boleh aja.....saya juga sering kaya gitu
  praktis kan?........
-Kalo saya yang tinggal di daerah yang udah tersedia paste ikan sih gampang...tapi untuk short cut
 saya pake mixer utk memblend adonan termasuk tepungnya
 tapi dengan catatan jgn pake speed tinggi dan pas masukkin tepung sagu nya jgn terlalu lama
 ingat pengadukan ikan dan air membuat adonan ikan terikat dan kental....so kita tidak perlu 
 menambahkan tepung banyak .....(mengapa adonan susah di bentuk? ini salah satu masalahnya)

-dan kalo sudah sering buat pempek tapi hasilnya keras dan udah frustasi?
  ini versi cheatnya.....tambahin bubur yang udah di blender......dan lain kali jangan terlalu banyak
 menambahkan cairan......

oke sekian dulu yah...akan saya tambahkan kapan2 cara membentuk pempek dgn mudah ala saya

  



2 komentar: